Kamis, 26 Maret 2015

Hormat terhadap Ayah dan Ibu

     Suatu peristiwa penting dicatat dalam Kejadian 9:18-29, yang menjelaskan Nuh yang sedang mabuk karena dia telah minum air anggur. Dalam keadaan mabuk, Nuh telanjang di dalam kemahnya. Memang,minuman beralkohol membuat badan jadi panas. Maka,masuklah Ham bin Nuh ke kemah ayahnya. Ada dua hal yang dilakukan oleh Ham yaitu : (1) dia melihat aurat ayahnya, (2) dia menceritakan aib orang tuanya kepada Sem dan Yafet, saudaranya.Setelah Nuh sadar, Nuh menjadi emosi dan mengucapkan  kutukan terhadap Ham:"Terkutuklah Kanaan,hendaklah dia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya (Kejadian 9:25) (Ham=Kanaan).
     Sebenarnya kesalahan yang dilakukan oleh Ham yaitu dia tidak menghormati ayahnya. Inilah yang mendahului hukum kelima dari sepuluh hukum dalam Keluaran 20:12 yang berbunyi :Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di Tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu kepadamu.
     Berkat Tuhan turun kepada orang tua, lalu mengalir kepada anaknya. Kalau seorang anak tidak hormat terhadap ayah dan ibunya, maka berkat dari Tuhan terhalang, tidak sampai kepadanya. Begitulah, orang Kanaan sampai sekarang ditindas oleh orang Israel.
Maka, bagi anak-anak berlaku hukum ini :Hormatilah ayah dan ibumu (Keluaran 20:12,Kolose 3:20,Efesus 6:1-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar