Kamis, 23 April 2015

MASA DAN MERIBA

     Masa dan Meriba adalah nama tempat di Kadesy di Padang Gurun Zin di mana air memancar dari gunung batu. Masa artinya godaan, sedangkan Meriba artinya air perbantahan.
     Saat itu bangsa Israel berada dalam perjalanan ke Kanaan. Mereka berada di Rafidim di Padang Gurun Zin yang tentu saja gersang dan panas. Mereka kehausan. Lalu, mereka mengeluh kepada Musa :"Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?" (Keluaran 17:3). Dalam keadaan haus sekali, setan dengan mudah menggoda mereka sehingga mereka mencobai Tuhan dengan sungut-sungutannya :"Adakah Tuhan di tengah-tengah kita atau tidak ?" (Keluaran 17:2)
      Tuhan tahu bahwa bangsa Israel sedang kehausan. Tetapi, Tuhan tidak suka ketika mereka berkata :"Adakah Tuhan di tengah-tengah kita atau tidak ?" (Keluaran 17:7). Kata-kata itu menyakiti hati Tuhan karena menyangsikan penyertaan Tuhan atas mereka. Walaupun begitu, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Pengampun memerintahkan Musa untuk memukul gunung batu di Horeb dengan tongkatnya. Maka,memancarlah mata air deras sehingga bangsa Israel dan ternaknya bisa minum sepuas-puasnya.
     Ketika kita sedang menghadapi masalah berat, kita sering mengeluh atau menggerutu dan bahkan kita menyalahkan Tuhan atas hadirnya masalah itu. Kita menuduh Tuhan itu tidak adil kepada kita. Kita menganggap di kiri, di kanan, di muka dan di belakang kita tidak ada jalan keluar . Padahal, Yang di atas yaitu Tuhan menyediakan jalan keluar untuk kita. Cuma, mata hati kita sedang buta, tidak menyadari rencana Tuhan untuk kita di balik masalah itu. Kita juga berkata :"Adakah Tuhan di tengah kita atau tidak ?" Karena itu,ketika kita sedang menghadapi masalah, cobalah duduk dengan tenang, tenangkan pikiran, atur nafas,lalu katakan :Aku bersyukur kepadaMU ya Tuhan atas masalah ini. Aku percaya Tuhan Yang Maha Pengasih pasti memberi jalan keluar untukku. Aku percaya Tuhan merancangkan rancangan damai sejahtera untukku." Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar