Jumat, 16 Mei 2014

BUAH ROH

Adakah ukuran standard bagi sebuah kehidupan Kristen ? Memakai kalung salib misalnya ? Memakai baju putih ?
Apakah itu standarnya ?
Ternyata standarnya ada dalam surat Galatia 5:16, "Maksudku ialah: Hiduplah oleh Roh,maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging."
Hiduplah oleh Roh maksudnya kita harus mengalami baptisan Roh Kudus seperti yang dialamu oleh para murid Yesus di loteng Yerusalem (Kisah Para Rasul 1:13.14, Kisah Para Rasul 2:1-4)
"Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh (Galatia 5:25)
Orang Kristiani yang demikian disamakan dengan ranting pohon anggur. "AKUlah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam AKU dan AKU di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar AKU kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohanes 15:5)
Hidup oleh ROH dan dipimpin oleh ROH berarti hidup kita tinggal melekat di dalam Yesus sehingga kita menjadi ranting yang hidup yang menghasilkan buah. Apakah buahnya ?
"Tetapi buah ROH ialah (Galatia 5:22,23):
-kasih
-sukacita
-damai sejahtera
-kesabaran
-kemurahan
-kebaikan
-kesetiaan
-kelemahlembutan
-penguasaan diri.
Kesembilan buah ROHtersebut bukan dihasilkan oleh kekuatan manusia, tetapi karya ROH KUDUS. Karya manusia tidak akan bertahan lama, tetapi karya ROH KUDUS itu kekal. Oleh ROH KUDUS, kita menjadi manusia citra ALLAH. "Berfirmanlah ALLAH: Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa KITA...(Kejadian 1:26a)
Inilah rencana ALLAH yang mula-mula bagi manusia. Tetapi saying, dosa merusak manusia. Yesus dating untuk merestorasi manusia yang berdosa. ROH KUDUS yang adalah ROH ALLAH mengembalikan manusia berdosa menjadi manusia citra ALLAH yaitu menurut gambar dan rupa ALLAH.
Sudahkah anda menerima Yesus ?
Sudahkah anda mengalami baptisan ROH KUDUS ?
Sudahkah hidupanda dipimpin oleh ROH KUDUS ?
Sudahkah hidup anda menghasilkan buah-buah ROH KUDUS ?
Kejarlah keempat hal tersebut !

2 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31( juga di Matius 22 : 37 - 39 dan Lukas 10 : 27 ), sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ]

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha " ]

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus