Minggu, 18 Mei 2014

ZAKHEUS

Siapakah Zakheus ? Mengapa Alkitab mencatat namanya ? Seberapa istimewa dia ?
Lukas 19:1-10 menjelaskan tentang Zakheus. Zakheus adalah seorang berdosa. Profesinya adalah sebagai pemungut cukai (pegawai pajak) yang bekerja untuk pemerintah penjajah yaitu kekaisaran Romawi. Dia bahkan menjabat sebagai kepala pemungut cukai. Tentu saja, dia seorang yang kaya.Masyarakat Israel sering mengalami pemerasan dari para pegawai pajak ini sehingga mereka membenci pegawai pajak tersebut.Orang Farisi menganggap pegawai pajak itu sebagai orang berdosa (Lukas 18:11-13).Zakheus sama jahatnya dengan koruptor.
Ada empat hal yang patut dicatat dan ditiru dari Zakheus yaitu :
1.ia berusaha untuk melihat Yesus.
2.ia berlari mendahului orang lain untuk melihat Yesus.
3.ia menerima Yesus dengan sukacita di rumahnya.
4.ia menyadari dosa-dosanya dan bertobat.
karena keempat hal itulah, dia selamat (diampuni dosa-dosanya). Kata Yesus kepadanya:"Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini,karena orang inipun Anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang" (Lukas 19:9,10)
Carilah Tuhan ! Seperti yang dilakukan oleh Zakheus. Kita tidak lebih suci daripada Zakheus.
"Orang yang mengenal namaMU percaya kepadaMU, sebab tidak KAU tinggalkan orang yang mencari ENGKAU, ya Tuhan" (Mazmur 9:11)
Mencari Tuhan harus dilakukan secara maksimal. Setelah bertemu Tuhan, terimalah DIA dengan sukacita di dalam hatimu. Lalu, bertobatlah ! Tinggalkan dosa ! Mulailah dengan hidup yang baru !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar