Selasa, 27 Mei 2014

DEBORA

Siapakah Debora ? Debora adalah seorang nabiah (nabi wanita)(Hakim-hakim 4:4).Debora adalah istri Lapidot, seorang Israel.Debora adalah ibu bangsa bagi orang Israel (Hakim-hakim 5:7).Arti nama Debora yaitu limpah.
Apa pekerjaan Debora ? Debora adalah hakim atas orang Israel. Orang Israel menghadap dia untuk berhakim (Hakim-hakim 4:5).Setelah Musa wafat, dia digantikan oleh Yosua (Yusak)bin Nun.Setelah Yosua wafat, Israel dipimpin oleh tua-tua (pejabat atau ahli hukum yang tertua dan berpengaruh dalam masyarakat Israel)yang seangkatan dengan Yosua.Setelah tua-tua ini wafat,mereka dipimpin oleh hakim.
Pada jaman Debora,bangsa Israel dijajah oleh bangsa Kanaan yang dipimpin oleh Raja Yabin. Allah berbicara melalui Debora kepada bangsa Israel.
Bagaimana karakter Debora? Debora adalah seorang yang bijaksana, tegas dan pemberani (Hakim-hakim 4:6-9). Dia bersama Barak bin Abinoam, turut maju berperang melawan tentara Kanaan yang dipimpin oleh Sisera. Allah memberi kemenangan kepada bangsa Israel.
Teladan apa yang diberikan oleh Debora ? Kita patut meneladani sikap bijaksana, tegas dan pemberani dari Debora, dalam melakukan perintah Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar