Senin, 28 April 2014

IMAN & PERBUATAN

Actions speak louder than words. Tindakan nyata lebih berarti daripada sekedar kata-kata.
Lukas 10:30-35, Jawb Yesus:"Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan , tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kau belanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya waktu aku kembali.
Imam adlah suatu jabatan dalam struktur masyarakat Israel yang penting peranannya. Ia bertugas mempersembahkan korban, mengadakan doa syafaat dan memberi berkat bagi umat.
Lewi adalah anggota suku Lewi yang bertugas dalam penyelenggaraan ibadah di Bait Suci. Lewi adalah anak Yakub Bin Ishak dan Lea Binti Laban.
Samaria adalah kota yang terletak di Gunung Samaria.Omri -raja Israel- mendirikan kota itu. Omri berbuat jahat dengan menyembah dewa-dewa (I Raja-Raja 16:23-26). Akibatnya, Tuhan mengirim Raja Salmaneser dari Asyur menaklukkan Hosea Bin Ela -raja Samaria. Orang Israel di Samaria dibuang ke negeri Asyur. Orang-orang asing (non Israel) dibawa ke Samaria.Mereka menyembah dewa-dewa.
Satu dinar adalah upah seorang pekerja dalam sehari. Dinar adalah mata uang Romawi. Berdasarkan perbuatannya, orng Samaria itu dibenarkan. "Kamu lihat, bahwa iman bekerja sama dengan perbuatan-perbuatan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna (Yakobus 2:22). "Akan tetapi barangsiapa mendengar perkataanKU,tetapi tidak melakukannya, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. ketika banjir melandanya, rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya."(Lukas 6:49)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar