Jumat, 29 Mei 2015

BANGUN

Katanya kepada mereka :"Mengapa kamu tidur ? Bangunlah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."(Lukas 22:46)
Kalimat di atas adalah peringatan Yesus kepada murid-muridNYA yaitu Petrus, Yohanes dan Yakobus (Markus 14:33). Sebelumnya, DIA sudah memperingatkan :"Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."(Lukas 22:40).Petrus, Yakobus dan Yohanes saat itu belum dibaptis denga  Roh Kudus.Mereka tidak mampu berjaga-jaga dan berdoa. Padahal, Tuhan meminta mereka berjaga-jaga selama satu jam saja (Markus 14:37). Setelah petrus, Yohanes dan Yakobus mengalami baptisan dengan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1:13, 2:1-4,41) mereka mengalami perubahan drastis. Petrus yang tadinya pengecut berubah menjadi pemberani. Petrus berani berkhotbah di depan orang-orang Yahudi tentang jalan kesematan di dalam Yesus sehingga tiga ribu pendengarnya bertobat dan minta dibaptiskan. Bahkan, ketika Petrus mendoakan seorang yang lumpuh, orang lumpuh itu sembuh dan dapat berjalan.
     Betapa susah hati Yesus ketika mendapati kita murid-muridNYA tertidur baik karena kelelahan atau karena kita suka tidur. Yesus menasihatkan kita agar :
  1. bangun atau berjaga-jaga.
  2. berdoa.
dengan tujuan agar kita tidak jatuh ke dalam pencobaan. Masalah dan cobaan bisa muncul dalam hidup kita bila kita tidak mampu berjaga-jaga dan berdoa. Kita tidak mampu berjaga-jaga dan berdoa karena daging atau tubuh ini lemah sementara roh atau niat kita penurut. Maka, Tuhan Yesus mengirimkan Penolong yaitu Roh Kudus (Yohanes 14:16) yang akan memberi kekuatan kepada kita agar mampu berjaga-jaga dan berdoa. Mintalah Roh Kudus untuk tinggal di dalam hatimu agar engkau mengalami kemenangan seperti Petrus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar