Sabtu, 28 Juni 2014

SABAT

Sabat itu apa ? Mana yang lebih penting, Sabat atau perikemanusiaan ?
Sabat adalah hari ketujuh dalam seminggu.Pada hari pertama sampai hari keenam, orang Israel harus bekerja. Tetapi,pada hari ketujuh, mereka harus berhenti bekerja. Hari ketujuh itu harus dikuduskan. Allah menciptakan langit dan bumi pada hari pertama sampai dengan hari keenam. Tetapi,pada hari ketujuh, Allah berhenti bekerja untuk beristirahat (Keluaran 31:17).Itulah latar belakang pengudusan hari Sabat. Orang Israel yang melanggar hukum Sabat ini pasti dihukum mati. Bangsa Israel mempunyai tradisi untuk menghormati Sabat karena Musa mengajarkan demikian (Keluaran 20:8-11, Keluaran 31:12-17).Dan para rabi (guru) di Israel memegang kuat-kuat tradisi Sabat ini.
Tuhan Yesus mengajukan pertanyaan yang dilematis tentang Sabat : "Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak ? Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik keluar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat ? (Lukas 14:3,5)
Para ahli Taurat dan orang Farisi tidak mau menjawabnya.
Lalu, Tuhan Yesus mengajarkan : Bukankah manusia jauh lebih berharga daripada domba ? karena itu, boleh berbuat baik ada hari Sabat (Matius 12:12). Ada jawaban Tuhan Yesus yang lebih tegas lagi : Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat (Lukas 6:5). Dalam bahasa Inggris : And He said,The Son of Man is lord even of the Sabbath. Tuhan Yesus menerangkan :"Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat (Markus 2:27,28)
Sebenarnya, pada jaman Musa, para imam di Bait Allah memotong domba berumur setahun untuk dipersembahkan sebagai korban api-apian atau korban bakaran bagi Allah tepat pada hari Sabat. Kegiatan ini tidak melanggar hukum tentang Sabat (Bilangan 28:9,10).
Jadi, kesimpulannya : kita diperbolehkan berbuat baik pada hari Sabat.Kita diperbolehkan menyelamatkan nyawa seseorang pada hari Sabat.Perikemanusiaan ternyata lebih penting daripada hari Sabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar